Informasi Berita Terbaru Iuran BPJS Naik Lagi
Informasi Berita Terbaru Iuran BPJS Naik Lagi

Informasi Berita Terbaru Iuran BPJS Naik Lagi

Posted on

Informasi Berita Terbaru Iuran BPJS Naik Lagi. Memiliki jaminan asuransi kesehatan merupakan hal yang wajib bagi semua orang. Asuransi kesehatan ini berperan sebagai langkah antisipasi untik menangani kondisi darurat yang berhubungan dengan kondisi kesehatan seseorang.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai produk asuransi kesehatan yang ditawarkan pada masyarakat oleh pihak swasta. Meski banyak asuransi kesehatan yang dibentuk oleh pihak swasta, bukan berarti pemerintah tidak memiliki produk kesehatan ini. Pemerintah juga memiliki produk asuransi yang dikelola oleh BPJS.

Berita Terbaru Iuran BPJS Naik Lagi

BPJS atau badan penyelenggara jaminan sosial bertugas untuk mengatur seluruh aspek yang berkaitan dengan program asuransi atau jaminan sosial masyarakat termasuk asuransi kesehatan. Berbagai update berita terkini yang berkatan dengan asuransi sosial masyarakat di atur dan dikelola oleh BPJS agar bisa berjalan dengan efektif di masyarakat.

Salah satu produk jaminan sosial yang dikelola adalah BPJS kesehatan. Sama seperti asuransi kesehatan lainnya yang bersifat swasta, BPJS kesehatan juga memiliki kriteria tertentu bagi layanan kesehatan yang bisa digunakan.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan yang biayanya diklaimkan kepada BPJS kesehatan, Anda harus membayar sejumlah biaya tetap yang biasa disebut sebagai iuran. Sayangnya, program asuransi kesehatan pemerintah ini sering diwarnai dengan protes masyarakat akibat naiknya jumlah iuran yang harus dibayar.

Selama tahun 2020, terdapat beberapa kali kejadian iuran BPJS naik. Tentu hal ini tidak terjadi tiba-tiba tanpa pertimbangan yang matang. Kenaikan iuran ini diberlakukan melalui berbagai peraturan pemerintah yang disahkan setelah melalui berbagai pertimbangan.

Kenaikan iuran ini diatur dalam Perpres No. 64/2020 yang telah di tetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Kenaikan iuran ini akan berlaku mulai tanggal 1 juli hingga akhir desember 2020. Adapun rincian iuran yang ditetapkan diantaranya yaitu Kelas 1 Rp 150.000, Kelas 2 Rp 100.000 dan Kelas 3 Rp 42.000

READ  Kabar Berita Terkini BPJS Naik Per 1 Juli 2020, Begini Penjelasannya

Kenaikan Iuran BPJS

Melalui berbagai berita terbaru, masyarakat sendiri memberikan berbagai tanggapan mengenai kenaikan iuran BPJS ini. Beberapa respon menolak ditunjukkan masyarakat yang merasa bahwa kenaikan iuran ini terlalu memberatkan.

Sebelum kenaikan iuran pada bulan juli ini, kenaikan iuran terakhir kali terjadi pada bulan april 2020 dengan ketentuan pembayaran yaitu Rp 80.000 untuk kelas 1, Rp 51.000 untuk kelas 2, dan Rp 25.500 untuk kelas 3.

Antara ketentuan bulan april dan juli, terdapat selisih sejumlah Rp 16.500 pada iuran kelas 3 yang membuat banyak masyarakat mengeluh karena merasa harus membayar lebih. Namun berdasarkan penuturan kepala humas BPJS kesehatan, sebenarnya masyarakat kelas 3 tetap membayar sejumlah Rp 25.500.

Melalui berbagai update berita, disampaikan bahwa selisih iuran tersebut sebenarnya tidak dibayar oleh masyarakat. Iuran tersebut akan dibayar oleh pemerintah sebagai bentuk bantuan kepada masyarakat yang aktif menjadi peserta BPJS.

Dengan adanya informasi dari kepala humas BPJS kesehatan ini, masyarakat tidak perlu khawatir membayar iuran BPJS kesehatan terlalu mahal. Seluruh kenaikan iuran yang diberlakukan telah diatur sedemikian rupa agar bisa seimbang dengan manfaat yang didapatkan oleh masyarakat.

Masyarakat juga perlu mencari tahu jenis layanan kesehatan yang bisa digunakan menggunakan layanan BPJS kesehatan ini agar iuran yang telah dibayarkan bisa digunakan tepat sasaran melalui Kabar Berita Iuran BPJS Naik yang tersedia. Mengetahui dan menggunakan seluruh layanan yang ada merupakan langkah yang tepat untuk menjadikan BPJS kesehatan tepat guna dan meningkatkan jualitas kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *